Mengatur Quick Access Toolbar di Office 2007 2


Berbeda dengan versi Office sebelumnya, mulai versi 2007 Microsoft Office memperkenalkan antar muka yang dinamakan Ribbon. Disini pengguna tidak dipandu semata-mata melalui deretan menu, melainkan melalui beberapa Tab berisi deretan icon yang dikelompokkan berdasarkan “kemiripan” fungsi.

Bagi pengguna yang menginginkan akses cepat terhadap perintah yang sering diberikan, Office menyediakan Quick Access Toolbar yang berada di sebelah kanan dari Office Button. Disini standarnya terdiri dari perintah Save, Undo dan Redo.

Dengan sedikit modifikasi, perintah yang ada tersebut dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebiasaan pengguna.

Sebagai contoh, terdapat semacam “kebiasaan” di dalam MS Excel bahwa setiap kali hendak melakukan pencetakan, maka terlebih dahulu perlu dilihat cuplikannya melalui perintah Print Preview. Dalam antarmuka Ribbon, perintah ini diakses lewat Office Button > Print > Print Preview.

Agar lebih praktis, perintah Print Preview dapat ditambahkan dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada Office Button. Pilih Customize Quick Access Toolbar.
  2. Pada deretan Popular Commands (dibawah Choose commands from), pilih Print Preview, lalu klik Add untuk menambahkannya ke Quick Access Toolbar (atau klik Remove untuk menghapusnya). Klik OK.

Perintah Print Preview selanjutnya akan muncul di deretan Quick Access Toolbar.

Jika terdapat kesalahan penempatan atau pemilihan perintah, maka perintah tersebut dapat langsung dihapus dengan klik kanan padanya dan memilih Remove from Quick Access Toolbar.

Letak dari Quick Access Toolbar juga dapat dipindah ke bagian bawah dari Ribbon, dengan klik kanan pada Office Button dan memilih Show Quick Access Toolbar Below The Ribbon.

Tampilannya akan berubah seperti berikut ini:

Untuk mengembalikannya ke lokasi semula, langkah-langkahnya sama seperti diatas namun dengan memilih menu Show Quick Access Toolbar Above The Ribbon.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Mengatur Quick Access Toolbar di Office 2007

  • arief Post author

    Fungsi dari Quick Access Toolbar itu adalah untuk mempermudah pengguna aplikasi mengakses icon yang sering digunakan. Sebagai contoh bila seorang pengguna setelah mengetik maka biasanya akan langsung mencetak, maka daripada mengakses lewat Office Button > Print atau menekan tombol Ctrl + P, maka langsung bisa klik pada icon Printer di Quick Access Toolbar.